Berilah tanda silang pada jawaban yang paling benar dari
sejumlah pilihan jawaban yang tersedia
1. Serangkaian kegiatan
untuk menetapkan ukuran terhadap suatu
gejala menurut aturan
tertentu adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan
yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau
kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
3. Di bawah ini beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen
hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan
pencapaian kompetensi
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan
pengayaan
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya
banyak yang jelek
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran
4. Assesmen hasil belajar
peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektif
c. adil
d. kooperatif
e. terpadu
5. Kemampuan yang
berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen,
percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan
diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan
beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai
kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya
karena dilakukan secara berhadapan
langsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya
relatif lambat sering
mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan
soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan
antara pendidik dan peserta
didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan
penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta
didik;
7. Tes simulasi merupakan
salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. praktik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri
8. Di bawah ini
langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan
kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi
tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa
hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak
harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang
merupakan pendalaman dari satu atau
lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk
mempelajari atau memahami,
mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai
terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang
harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan
beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir
soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan;
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;
11. Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi,
evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis,
analisis, dan evaluasi
12. Di bawah ini merupakan
kaídah-kaidah dalam penulisan soal
dilihat dari materi,
kecuali:
a. soal harus sesuai
dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban
yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan
tujuan pengukuran.
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara
mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan
jenjang jenis sekolah atau
tingkat kelas.
13. Penilaian yang meminta
peserta didik untuk mendemonstrasikan
dan
mengaplikasikan
pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. penilaian project
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes
14. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus
dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip
15. Penilaian yang
didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian
yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
16. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik,
prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
17. Penilaian yang
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
18. Daftar pertanyaan
merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
19. Penilaian yang dapat
menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki
peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena
dilakukan secara langsung
adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio
20. Materi secara teoritis
mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah
pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal
berdasarkan kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi
d. keterpakaian
e. kompleksitas
21. Rumusan pokok soal
tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan
22. Aspek yang dinilai di
antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi:
prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil:
kualitas serta estetika hasil karya,
langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara
23. Kecenderungan
bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan
pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu
yang dapat diukur melalui:
toleransi,
kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi
operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar
e. aktivitas belajar
24. Hal-hal yang
berhubungan dengan emosi atau perasaan
dalam mengukur sikap
termasuk dalam dimensi:
a. kognitif b. afektif c. psikomotor d. psikologis e.
normative
25. KKM sebagai acuan bagi
pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti.
Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM
26.Ada beberapa teknik dan
alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai
sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.
Berikut ini yang merupakan teknik penilaian
melalui tes adalah...
a. tes perbuatan
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio
27. Kisi-kisi yang baik
harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah
dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan
soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang
telah diajarkan secara tepat dan
proposional
28. Menggunakan kata kerja
operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal
29. Dalam penulisan soal
bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman
penskorannya.Berdasarkan metode penskorannya, bentuk
uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring
30. Sebuah penilaian yang
meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang
sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. project b. kinerja c. portofolio d. sikap e. demonstrasi
31. Minat adalah kesadaran
yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan
melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu
terhadap objek tersebut. Pendapat
ini dikemukakan oleh...
a. Crow and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell
32. Bentuk instrumen
berupa daftar
pertanyaan
untuk teknik penilaian berikut ini
adalah...
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
33. Yang merupakan tes
kreativitas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompokkan
e. evaluasi
34. Tahap persiapan, tahap
proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan
beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. project
b. product
c. performance asessment
d. verbal
e. kinerja
35. Fungsi KKM adalah
sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan
peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti
penilaian mata pelajaran
b. merupakan
target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
c. merupakan kontrak
pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan
antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen
dalam melakukan evaluasi
program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui
metode kualitatif atau kuantitatif.
36. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ….
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan
informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan
sekitar
d. mendiskusikan bagaimana
mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
37. Salah
satu upaya guru dalam melaksankan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang
telah dirancang melalui Penelitian
Tindakan Kelas antara lain ….
a. guru
meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari
aspek guru
c. guru
merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang
ada
38. Hasil
analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksankan dapat digunakan
guru untuk :
a. mempertahankan kebiasaan mengajar karenan sudah lama dan banyak
pengalaman
b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk
meningkatkan
pembelajaran
c.
merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti
memiliki kelemahan
d. melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa
39. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut:
a. memberikan tambahan
materi berupa sumber ajar dari pengarang yang bereda
b. memberikan test tambahan
dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c.
memberian tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrumen testnya yang sesuai
d.
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan
soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
40. Dasar
rancangan program remidi bagi
peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
a. proses pengajaran remidial pada dasarnya adalah proses belajar
mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan
kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilih hanya berbentuk test ulang
41. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta
remidial
b.
menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar siswa
c.
menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada.
d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan
materi
42. Upaya
guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut...
a. menentukan kriteria
keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.
mencari letak kelmahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang
diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
43.
Perhatikan pernyataan-pernyatan berikut:
1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2.
Menganaalisis soal yang paling banyak salah dan pling banyak benar dijawab
siswa
3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang
tua mereka
4.
Mengevaluasi sitem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis
penilaian belajar
Peryataan di atas yang
merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar
adalah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
44.
Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
a. memeriksa dan memberikan
nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
b. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas
sangat positip
c.
merencanakan pembelajaran remidial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan
penilaian non test
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas
kurang baik
45.
Penilaian portofolio dapat dilaksankan dengan cara ….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c.
mengumpulkan hasil kerja
masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan
siswaa dalam sustu album sebagai bukti hasil belajar
d.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok
bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan test remedial