Advertise Here

Rabu, 22 Oktober 2014

Bunga Sempurna



Bunga Sempurna
Bunga Sempurna memeliki 5 bagian yaitu :


-   Tangkai             : tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah  bunga. Tangkai ini berperan sebagai penompang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
-  Kelopak          : kelopak bunga merupakan bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.
- Benang sari   : Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kelapa sari.
-    Mahkota            : mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga yang lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.
-  Putik               : Putik terdapat dibagian tengah-tengah bunga. Biasanya putik dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan aawal dari perkembangbiakan pada tumbuhan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar