Hakikat Pertumbuhan
dan Perkembangan
Dengan mempelajari perkembangan perserta didik kita akan memperoleh
beberapa keuntungan :
a.
Kita akan mempunyai ekspetasi yang nyata tentang anak
dan remaja. Dari psikologi perkembangan akan diketahui pada umur berapa anak
mulai berbicara dan mulai mampu berfikir abstrak serta akan diketahui pula pada
umur berapa anak tetentu akan memperoleh keterampilan perilaku dan emosi
khusus.
b.
Pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak
membantu kita untuk merespons sebagaiman mestinya pada perilaku tertentu dari
seorang anak.Psikologi perkembangan akan membantu menjawab
pertanyaan-pertanyaan itu dan menunjukkan sumber-sumber menjawab
pertanyaan-pertanyaan itu dan menunjukkan sumber-sumber jawaban serta pola-pola
anak mengenai pikiran, perasaan dan perilaku.
c.
Pengetahuan tentang perkembangan anak akan membantu
mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan anak akan membantu mengenali
berbagai penyimpangan dari erkembangan yang normal.
d.
Akan membantu memahami diri sendiri. Psikologi
perkembangan akan secara terbuka mengungkap proses pertumbuhan psikologi,
proses-proses yang akan dialami pada kehidupan sehari-hari. Yang lebih penting
lagi, pengetahuan ini akan membantu kita memahami apa yang kita alami sendiri,
misalnya mengapa masa puber kita lebih awal atau lebih lambat dibandingkan
dengan teman-teman lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari
pentingnya mengetaui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
1. Masa perkembangan yang cepat
Pada anak terjadi
pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang
dialami species lain. Perubahan fisik, misalnya pada tahun pertama lebih cepat
dari pada tahun-tahun berikutnya. Hal sama terjadi juga pada perubahan yang
menyangkut interaksi social, perolehan dan penggunaan bahasa, kemampuan
mengingat serta berbagai fungsi lainnya
2. Pengaruh yang lama
Dengan mempelajari
anak kita tidak punya alas an lain bahwa peristiwa-peristiwa dan
pengalama-pengalaman pada tahun-tahun awal menunjukkan pengaruh yang lama dan kuat
terhadap perkembangan induvidu pada masa-masa berikutnya. Kebanyakan ahli teori
psikologi berpendapat bahwa apa yang terjadi hari ini sangat banyak ditentukan
oleh perkembangan kita sebagai anak.
3. Proses yang komplek
Sebagai peneliti
yang mecoba memahami perilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat bahwa
mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan sangat
berguna. Manusia mampu berkomunikasi dari cara sederhana dampai yang kompleks
karena bahasa yang dipergunakan mengikuti aturan-aturan tertentu. Tetapi
menentukan apa aturan itu dan bagaiman menggunakan adalah sulit. Suatu
pendekatan terhadap masalah ini adalah dengan mempelajari proses kemampuan
berbahasa. Anak membentuk kalimat yang hanya terdiri atas satu atau dua kata, kalimat
itu muncul dengan mengikuti aturan yang diajarkan orang dewasa.
4. Nilai yang diterapkan
dalam
penelitiannya kebanyakan ahli psikologi perkembangan melakukan penelitiannya
dalam laboratorium dan sering kali mengkaji pertanyaan-pertanyaan
teoritisberdasarkan hasil penelitiannya. Produk penelitian ini kadang-kadang
deapat diterapkan di dunia nyata. Hasil dari penelitian atau pengkajian
teoritis dapat secara langsung atau tidak mempengaruhi pola pendidikan atau
pengajaran.
5. Masalah yang menarik
Anak merupakan
makhluk yang mengagumkan dan penuh teka-teki serta menarik untuk dikaji.
Kemudahan anak umur dua tahun untuk mempelajari bahasa ibunya dan kreativitas
anak untuk bermain dengan temannya merupakan dual hal dari karakteristik anak
yang sedang berkembang. Dalam hal ini ilmu pengetahuan lebih banyak menjumpai
pertanyaan-pertanyaan dari pada jawabannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar