Advertise Here

Kamis, 02 Mei 2013

Hakikat Pertumbuhan dan Perkembangan



Hakikat Pertumbuhan dan Perkembangan

Dengan mempelajari perkembangan perserta didik kita akan memperoleh beberapa keuntungan :
a.         Kita akan mempunyai ekspetasi yang nyata tentang anak dan remaja. Dari psikologi perkembangan akan diketahui pada umur berapa anak mulai berbicara dan mulai mampu berfikir abstrak serta akan diketahui pula pada umur berapa anak tetentu akan memperoleh keterampilan perilaku dan emosi khusus.
b.        Pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak membantu kita untuk merespons sebagaiman mestinya pada perilaku tertentu dari seorang anak.Psikologi perkembangan akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan menunjukkan sumber-sumber menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan menunjukkan sumber-sumber jawaban serta pola-pola anak mengenai pikiran, perasaan dan perilaku.
c.         Pengetahuan tentang perkembangan anak akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan anak akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari erkembangan yang normal.
d.        Akan membantu memahami diri sendiri. Psikologi perkembangan akan secara terbuka mengungkap proses pertumbuhan psikologi, proses-proses yang akan dialami pada kehidupan sehari-hari. Yang lebih penting lagi, pengetahuan ini akan membantu kita memahami apa yang kita alami sendiri, misalnya mengapa masa puber kita lebih awal atau lebih lambat dibandingkan dengan teman-teman lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari pentingnya mengetaui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

1.      Masa perkembangan yang cepat
Pada anak terjadi pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang dialami species lain. Perubahan fisik, misalnya pada tahun pertama lebih cepat dari pada tahun-tahun berikutnya. Hal sama terjadi juga pada perubahan yang menyangkut interaksi social, perolehan dan penggunaan bahasa, kemampuan mengingat serta berbagai fungsi lainnya
2.      Pengaruh yang lama
Dengan mempelajari anak kita tidak punya alas an lain bahwa peristiwa-peristiwa dan pengalama-pengalaman pada tahun-tahun awal menunjukkan pengaruh yang lama dan kuat terhadap perkembangan induvidu pada masa-masa berikutnya. Kebanyakan ahli teori psikologi berpendapat bahwa apa yang terjadi hari ini sangat banyak ditentukan oleh perkembangan kita sebagai anak.
3.      Proses yang komplek
Sebagai peneliti yang mecoba memahami perilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan sangat berguna. Manusia mampu berkomunikasi dari cara sederhana dampai yang kompleks karena bahasa yang dipergunakan mengikuti aturan-aturan tertentu. Tetapi menentukan apa aturan itu dan bagaiman menggunakan adalah sulit. Suatu pendekatan terhadap masalah ini adalah dengan mempelajari proses kemampuan berbahasa. Anak membentuk kalimat yang hanya terdiri atas satu atau dua kata, kalimat itu muncul dengan mengikuti aturan yang diajarkan orang dewasa.
4.      Nilai yang diterapkan
dalam penelitiannya kebanyakan ahli psikologi perkembangan melakukan penelitiannya dalam laboratorium dan sering kali mengkaji pertanyaan-pertanyaan teoritisberdasarkan hasil penelitiannya. Produk penelitian ini kadang-kadang deapat diterapkan di dunia nyata. Hasil dari penelitian atau pengkajian teoritis dapat secara langsung atau tidak mempengaruhi pola pendidikan atau pengajaran.
5.      Masalah yang menarik
Anak merupakan makhluk yang mengagumkan dan penuh teka-teki serta menarik untuk dikaji. Kemudahan anak umur dua tahun untuk mempelajari bahasa ibunya dan kreativitas anak untuk bermain dengan temannya merupakan dual hal dari karakteristik anak yang sedang berkembang. Dalam hal ini ilmu pengetahuan lebih banyak menjumpai pertanyaan-pertanyaan dari pada jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar